Ayo Belajar Kalimat Aktif dan Pasif

November 10, 2008 at 6:31 am Tinggalkan komentar

Bahasa Inggris memang mudah. Jadi jangan takut untuk mempelajarinya. Kali ini saya akan membahas tentang kalimat pasif dan aktif, satu contoh yang paling simpel untuk dipelajari tapi lumayan penting.

Kalimat pasif atau yang biasa dikenal dengan Passive Voice atau Passive Sentence atau ada juga yang menyebutnya Passive Forms merupakan salah satu bentuk kalimat dalam Bahasa Inggris. Dalam definisi singkatnya Passive Voice berarti suatu bentuk kata kerja transitif dimana secara tata Bahasa Inggris subjek dari kalimat berpelaku sebagai ‘pasien’, yaitu yang menerima aksi dari sebuah pekerjaan. Kalimat Pasif umumnya kontras dengan Kalimat Aktif atau yang biasa dikenal dengan Active Voice, kalimat ini bermakna suatu bentuk kata kerja transitif dimana subjek dari kalimat berpelaku sebagai ‘agen’, yaitu yang melakukan aksi dari sebuah pekerjaan.

Tidak terlalu sulit memahami pengertian diatas kalau kita sudah kenal dengan ketentuan-ketentuan umum struktur sebuah kalimat, berikut adalah contoh sederhana perubahan kalimat aktif ke dalam kalimat pasif dalam Bahasa Inggris:

Nick helps Merry. (Kalimat Aktif)

Merry is helped by Nick. (Kalimat Pasif)

Dari contoh di atas dapat dilihat kalau dalam kalimat aktif Nick helps Marry, Nick sebagai subjek (Subject), helps sebagai kata kerja (Verb), dan Merry sebagai Objek (Object). Sedangkan pada kalimat pasif Merry is helped by Nick, Merry sebagai subjek (Subject), helped sebagai kata kerja (Verb), dan Nick sebagai Objek (Object).

Dengan mudah dapat dikatakan kalau dalam kalimat pasif subjeknya berasal dari objek kalimat aktif dan objek dalam kalimat pasif berasal dari subjek kalimat aktif, sedangkan kata kerjanya tidak berubah secara langsung, dimana fungsinya tetap sebagai kata kerja. Atau dengan ilustrasi yang lebih mudah sebagai berikut:

Nick helps Merry.

Merry is helped by Nick.

Perlu diperhatikan juga objek dalam kalimat pasif diawali dengan by, dimana hal ini disebut by-phrase dalam sebuah kalimat pasif. Hal ini penting untuk mengetahui siapa yang melakukan aksi atau hal tertentu. Walau dalam beberapa bentuk kalimat pasif by-phrase tidak digunakan, seperti contoh:

That car was made in Britain. (tidak ada by-phrase)

Rice is grown in many countries. (tidak ada by-phrase)

Pada kalimat That car was made in Britain, tidak terdapat by-phrase atau pelakunya, tapi itu tidak jadi masalah, karena kalimat tersebut tetap bisa dipahami, kalaupun ingin ditambahkan pelakunya bisa juga, maka kalimat tersebut jadi That car was made in Britain by someone. Sama halnya dengan kalimat pasif kedua, Rice is grown in many countries, yang tidak ada pelakunya, kalau ingin ditambahkan by-phrase maka kalimat tersebut akan berbunyi Rice is grown in many countries by people.

That car was made in Britain by someone. (menggunakan by-phrase)

Rice is grown in many countries by people. (menggunakan by-phrase)

Dikatakan sebelumnya kalau kata kerjanya tidak berubah secara langsung, hal ini bermakna kalau perubahan yang terjadi pada kata kerjanya adalah sejauh perubahan bentuk waktunya (verb tense), bukan jenis katanya. Dari contoh diatas kata kerja pada kalimat aktif helps berubah menjadi helped pada kalimat pasifnya, ini merupakan ketentuan bahwa setiap kalimat pasif dalam Bahasa Inggris kata kerjanya harus dalam bentuk Past Participle atau kata kerja bentuk ke 3 (Verb 3). Untuk kata kerja beraturan (regular verb) dalam Bahasa Inggris, bentuk past participle-nya diakhiri dengan -ed, seperti, surprise à surprised, mail à mailed. Sedangkan sebagian kata kerja dalam Bahasa Inggris ada yang tidak beraturan (irregular verb), seperti, teach à taught, drive à driven.

Ketentuan lainnya adalah dalam kalimat pasif sebelum Past Participle diletakkan be, seperti contoh diatas sebelum kata kerja helped terdapat is.

Be dalam Bahasa Inggris diantaranya:

  • am
  • is
  • are
  • was
  • were
  • has been
  • have been
  • will be

Ketentuan penggunaan be pada kalimat pasif tergantung pada bentuk waktu (tense) dari kalimat aktifnya dan tergantung pula pada subjek kalimat, apakah subjek tersebut tunggal (singular) atau jamak (plural).

Dari penjelasan diatas maka bentuk umum kalimat pasif dalam Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

be + past participle

Pada pengertian kalimat pasif diparagraf pertama disebutkan adanya kata kerja transitif (transitive verbs). Kata kerja transitif merupakan kata kerja yang diikuti oleh objek. Dalam pembentukan kalimat pasif hanya kata kerja transitif yang bisa digunakan, sedangkan kata kerja intransitif (intransitive verbs) tidak bisa digunakan dalam pembentukan kalimat pasif. Salah satu contoh kata kerja intransitive dalam Bahasa Inggris adalah happen, apabila ada kalimat aktif dalam Bahasa Inggris yang terdapat kata kerja happen, maka kalimat itu tidaklah mungkin dirubah ke dalam kalimat pasif:

An accident happened. (Kalimat Aktif)

(Tidak ada bentuk pasif). (Kalimat Pasif)

An accident was happened. (bentuk kalimat yang salah)

Beberapa kata kerja intransitif yang umum dalam Bahasa Inggris adalah:

  • agree
  • arrive
  • come
  • cry
  • exist
  • go
  • happen
  • live
  • occur
  • rain
  • rise
  • sleep
  • stay
  • walk

Tapi ada beberapa kata kerja yang termasuk transitif dan intransitif, seperti contoh berikut:

A student studies. (intransitive)

A student studies books. (transitive)

Pada beberapa buku literatur Bahasa Inggris salah satu fungsi kalimat aktif dan kalimat pasif adalah tergantung pada hal apa yang ingin ditekankan atau bisa dikatakan siapa yang ingin ditekankan.

Nick helps Merry. (Kalimat Aktif)

Merry is helped by Nick. (Kalimat Pasif)

Dari contoh diatas pada kalimat Nick helps Merry, yang ingin ditekankan adalah Nick-nya sebagai orang yang membantu Merry. Sedangkan pada kalimat Merry is helped by Nick, yang ingin ditekankan adalah Merry-nya sebagai orang yang dibantu oleh Nick. Sebagai tambahan perhatiakan contoh berikut:

A lot of people are talking about Internet. (Kalimat Aktif)

Internet is being talked about by a lot of people. (Kalimat Pasif)

Terlihat jelas dari kalimat aktif A lot of people are talking about Internet, yang ingin ditekankan adalah A lot of people-nya sebagai pelaku yang membicarakan Internet, sedangkan pada kalimat pasif Internet is being talked about by a lot of people, yang ingin ditekankan adalah Internet-nya sebagai pelaku yang banyak dibicarakan orang.

Banyak orang dengan mudah memahami ketentuan umum kalimat pasif dalam Bahasa Inggris, yaitu be + past participle. Namun demikian, terkadang masih banyak orang yang bingung perubahan dari bentuk waktu tertentu (tenses-nya). Berikut akan diberikan contoh-contoh sederhana perubahan-perubahan kalimat aktif ke dalam kalimat pasif dalam Bahasa Inggris dari berbagai bentuk waktu:

Simple Present Tense

Nick helps Merry. (Kalimat Aktif)

Merry is helped by Nick. (Kalimat Pasif)

Present Continuous Tense

Nick is helping Merry. (Kalimat Aktif)

Merry is being helped by Nick. (Kalimat Pasif)

Present Perfect Tense

Nick has helped Merry. (Kalimat Aktif)

Merry has been helped by Nick. (Kalimat Pasif)

Simple Past Tense

Nick helped Merry. (Kalimat Aktif)

Merry was helped by Nick. (Kalimat Pasif)

Past Continuous Tense

Nick was helping Merry. (Kalimat Aktif)

Merry was being helped by Nick. (Kalimat Pasif)

Past Perfect Tense

Nick had helped Merry. (Kalimat Aktif)

Merry had been helped by Nick. (Kalimat Pasif)

Simple Future Tense

Nick will help Merry. (Kalimat Aktif)

Merry will be helped by Nick. (Kalimat Pasif)

Nick is going to help Merry. (Kalimat Aktif)

Merry is going to be helped by Nick. (Kalimat Pasif)

Future Perfect Tense

Nick will have helped Merry. (Kalimat Aktif)

Merry will have been helped by Nick. (Kalimat Pasif)

Pada situasi tertentu kalimat pasif akan lebih efektif dan mudah dipahami ketimbang kalimat aktif. Salah satu contohnya pada penulisan Business Letters, kalimat pasif akan lebih sering digunakan sebagai surat balasan atas rekomendasi suatu kondisi. Seperti contoh kalimat pembuka Letter of Enquiry berikut:

Dear Sirs,

Your name has been given to us by the German Trade Attaché in Dacca as one of the most important leather board manufacturers in Europe. We are an industrial…

Kalimat Your name has been given to us by the German Trade Attaché, menekankan bahwa pengirim merasa penting dan lebih sopan dan hormat kepada penerima (your name) untuk menyebutkan identitas penerima diawal kalimat.

Referensi:

Azar, Betty S. Understanding and Using English Grammar. Second Edition. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc., 1989.

Azar, Betty S. Fundamentals of English Grammar. Second Edition. Binarupa Aksara, New Jersey: Prentice Hall, Inc., 1993.

Beresford, Cynthia. Business Communication. BBC English by Radio & Television. Frome and London. 1995.

Hornby, A. S. Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Oxford University Press. 1995.

http://en.wikipedia.org/wiki/English_passive_voice.

Murphy, Raymond. English Grammar in Use. Cambridge University Press. University of Cambridge. 1985.

Simpson, Ian dan Derek Utley. English for Telecoms. York Associates Publications. 1995.

Suyudi, Ichwan dan Sri Widiati. Bahasa Inggris 1, Seri Diktat Kuliah. Universitas Gunadarma. 1996.

foto:gamerevolution.com

http://netsains.com/2008/10/ayo-belajar-kalimat-aktif-dan-pasif/

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Apa itu bahasa…?

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Pos-pos Terakhir

Sekapur Sirih

English Depelopment Centre (EDC) berkomitmen Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berkualiatas dalam berbahasa inggris, masukan, komentar dan donasi selalu kami nanti untuk pengembangan program. hubungi kami di 085222211334 (Leo irwansyah)

Blog Stats

  • 10,578 hits

Klik tertinggi

  • Tidak ada

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: